Kamis, 17 Maret 2011

Ketika Kita Mengucap Syukur

Ibrani 12 : 28 
Mengucap syukur merupakan kata yang terlalu sering kita dengar...terlebih ketika ada ibadah HUT tentunya tidak lain khotbah yang kita dengar adalah tentang bersyukur.
Namun sangat disayangkan masih ada begitu banyak orang kristen baik dia "anggota jemaat biasa" ( org sering menyebutnya seperti itu bagi mereka yg tdk ada jabatan dlm gereja ) ataupun Hamba Tuhan ( orang yg punya jabatan dl Gereja ) yang tidak mampu untuk bersyukur dalam segala hal sesuai dengan apa yang di katakan dalam 1 Tes 5 : 18..hanya mampu bersyukur ketika HUT, diberkati dlm usaha atau ketika menerima/ mengalami semua hal yang baik...tapi ketika mengalami hal yang buruk maka yang ada hanyalah persungutan...
Ada banyak conto dalam Alkitab yang mampu menyatakan syukur walaupun dalam keadaan yang tidak baik;
cth : Ayub pernah berkata kpd isterinya adakah kita hanya mau menerima apa yang baik dari Tuhan..begitu juga dengan Sadrakh , Mesakh, Abednego ...ketika mereka akan dimasukkan kedalam dapur api yang menyala-nyala mereka tetap bersyukur dengan berkata " sekalipun Tuhan yang kami sembah tidak akan menolong kami,..kami tidak akan menyembah patung tuanku..." ini adalah suatu pernyataan iman yang kuat yang tetap bersyukur dalam segala hal..
Saudara bagaimana ketika kita bersyukur pada Tuhan ? adakah kita hanya bersyukur pada saat menerima hal2 yang baik dari Tuhan..? tentunya diperlukan alasan yang cukup/kuat untuk kita dapat bersyukur dalam segala hal juga diperlukan cara yang tepat untuk tetap dapat bersyukur juga cara kita menyatakan syukur kita..untuk itu mari kita belajar bersama beberapa ketika kita bersyukur  :

A. Alasan kita untuk tetap dapat bersyukur adalah :
1. Karena Di dalam Yesus kita menerima Penebusan Dosa ( Kolose 1 : 14 )
2. Karena kita telah dilepaskan dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam kerajaan terang ( Kolose 1 : 13, Ibrani 12 :28 )
3. Karena kita mendapat bagian dalam kerajaan terang ( Kolose 1 : 12 )

B. Bagaimana supaya kita dapat bersyukur dalam segala hal :
1. Tetaplah berdoa ( 1 Tesalonika 5 : 17 )
2. Berpikir Positif / melihat bahwa di balik keadaan buruk yg kita alami ada rencana Tuhan yang indah bagi kita ( Roma 8 : 28 )

C. Bagaimana cara menyatakan syukur kita ( cara yang berkenan kepada Allah ) Ibrani 12 : 28
1. Dengan Kesederhanaan/ kerendahan hati
2. Dengan Kesalehan / cara hidup setiap hari yang taat dan setia pada Tuhan maka itu adlah tindakan mengucap syukur
3. Dengan menyatakan kekaguman dalam pujian dan penyembahan yang benar.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar